Betta Breeding
Betta Feeding
Betta Fish Care
Betta Genetics
Betta Problems
Home » Aquascape

Aquascape: Solusi Cerdas ‘Bertaman’ Saat Lahan Kian Terbatas

Submitted by on 8 December 2015 – 15:56

Hai sobat aquarist…atau aquaria (malah kayak merk air mineral), lama nih saya nggak posting di blog ini. Ditengah me time saya yang memang menjadi terbatas akhir-akhir ini karena tuntutan pekerjaan yang mesti dijalani dengan lebih serius, dan bla bla bla lainnya, muncul juga kerinduan saya untuk kembali menulis di sini. Dengan judul yang sedikit serius “Aquascape: Solusi Cerdas ‘Bertaman Saat Lahan Kian Terbatas“, keren ya..kayak judul artikel tabloid atau majalah hobbiist…hehe

Setelah sempat kesengsem sama mas koki CS belumnya, akhir-akhir ini saya kembali jatuh cinta pada aquascape. Lebih awalnya sebenarnya saya rindu bercocok tanam. Rekan-rekan tentu tahu bagaimana rasanya bertransformasi dari orang kampung dimana masih banyak halaman luas, kebon, ladang..apalah sejenisnya di sana, dan kini saya tinggal di tempat dengan serba terbatas. Kegiatan bertaman pun sebatas pada sepotong lahan fasum berbagi dengan jalan yang disediakan oleh developer.

Sampai akhirnya saya putuskan untuk ‘bergabung’ menjadi kobokers, ya..sebagian rekan hobiis menyebut demikian bagi rekan-rekan penghobi aquascape. Nampaknya inilah media tepat bagi saya dan mungkin buat rekan-rekan yang menghobi bercocok tanam namun terbatas pada ketersediaan ruang.

English: Photograph by Peter Kirwan, Dublin, I...

English: Photograph by Peter Kirwan, Dublin, Ireland, of an aquascape that he created. Image illustrates an excellent example of an Iwagumi nature-style aquascape design. (Photo credit: Wikipedia)

Saya mulai hobi ini tepatnya dua minggu dua hari terhitung dari saya setup tank aquascape saya yang pertama sampai dengan posting ini saya publish. Fotonya mana? yang di atas? tentu bukan lah…Next time pasti saya posting di blog ini, tapi wait ya..biar mature dulu.

Mahal nggak sih? saya bilang relatif ya.. Bukan kebetulan, saya memanfaatkan tank Nisso 60x40x35 saya yang telah lama kosong, filter waterfall merk Jebo yang dulu salah beli. Untuk pencahayaan, rencananya saya mau memanfaatkan lampu dan hoodlamp yang sudah saya punya, namun naas..lampu 10 watt yang telah saya punya ternyata kurang optimal untuk memenuhi kebutuhan minimum ‘calon penghuni’ aquascape saya ini.

Nah, tinggal soal isi. Tidak ada batasan dalam pemilihan jenis tanaman maupun hardscape, inilah yang turut menentukan kemudian aquascape anda menjadi mahal atau murah. Semisal, semakin langka tanaman yang anda pilih tentu harga yang harus kita tebus juga semakin merogoh kocek, pun tiap-tiap jenis tanaman memerlukan tingkat pencahayaan yang berbeda-beda. Artinya, semakin tinggi kebutuhan pencahayaan aquascape anda, anda perlu mengeluarkan dana lebih untuk menyiapkan perlengkapan pencahaayaan yang memadai.

Ada baiknya, saya sarankan bagi rekan-rekan yang baru akan memulai hobi ini untuk meluangkan sedikit waktu membaca. Setidaknya anda menjadi lebih terbuka dan adaptif terhadap kebutuhan hobi yang akan anda jalankan. Soal aquascape buat pemula…ada satu artikel yang bisa anda baca, rekomendasi saya..anda bisa baca link berikut.

Kenapa nggak anda jabarkan (tahapan dari persiapan, setup, dan perawatan aquascape) sekalian di sini Om?

Saya sih menyadari sekali sebagai pemula di dunia aquascape masih banyak keterbatasan saya terkait knowledge aquascaping ini. Namun demikian kedepan saya akan posting dan sharing ilmu baru ini. Karena belajar sambil ‘menuliskan’ merupakan cara terampuh bagi saya untuk ‘mengikat’ ilmu.

Terkait judul “..solusi cerdas” saya katakan bahwa melalui aquascape ini kita bisa bebas ber-eksplorasi mewujudkan taman, hutan, bukit, tebing dengan air tercun, suasana aliran sungai…dan lain-lain…seluruhnya dalam skala mini yang ‘mampu’ menghemat kebutuhan akan ruang ‘bercocok tanam’ anda.

“…solusi cerdas” karena dengan tank mini (aquarium nano) sekalipun kita bisa mewujudkan scape utuh dari sebuah taman, hutan, bukit dan bentuk asri alam lainnya dalam wujud aquascape kita.

English: Photograph by Shay Fertig, Israel, of...

English: Photograph by Shay Fertig, Israel, of an aquascape that he created. Image illustrates an excellent example of a Dutch-style aquascape design. (Photo credit: Wikipedia)

our 440 l reef tank

our 440 l reef tank (Photo credit: Wikipedia)

Tahapan mahir selalu diawali dengan step ‘pemula’. Sebagai pemula..cobalah untuk setup dari scape yang sederhana-sederhana dulu, tidak perlu mengeluarkan biaya yang ‘wah’ dulu sebelum kita mampu membuktikan kita mampu dengan hal yang sederhana itu dulu. Sebagai bahan bacaan silahkan simak materi aquascape murah pada link berikut.

Leave a comment

Add your comment below. You can also subscribe to these comments via RSS

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong> 

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar