Betta Breeding
Betta Feeding
Betta Fish Care
Betta Genetics
Betta Problems
Home » Betta Tricky

Cupang Serit Sobat Punya Ray Loyo? Ketapang Solusinya…

Submitted by on 19 May 2010 – 02:13

Rays (tulangan) cupang serit brother loyo?? berikut kami cuplikan beberapa keluh kesah beserta tips dari dedengkotnya, silahkan disimak baik-baik.

  • pertama dah kasih daun ketapang, krn susah di dapetin kadang kualitas daun jelek ya akibatnya ikan pada begitu, adakah yg menjual daun ketapang ato adakah bahan pengganti daun ketapang. Sy tinggal di tengah kota, banyak pohon ketapang, tapi saya pernah baca artikel daun ketapang yg bagus katanya di daerah pesisir pantai, benarkah begitu?
  • Betul kawan, dari pengalaman, ketapang pantai lebih bagus dibanding ketapang darat, yg deket laut kayaknya lebih sedikit kadar minyaknya..
  • Saya juga ambil daun ketapang dari pusat kota (bukan ketapang pantai),namun sejauh ini bagus untuk serit, perawatan seritnya juga standar aja, tiap hari siphonin kotoran sambil saya kurangin 1/4 airnya, terus saya tambahin air ketapang yang lumayan pekat plus 1/2 sendok teh garam dapur, untuk pakan saya cuma pake cuk (jentik nyamuk) dan selalu penuh alias nggak pernah kurang makan, karena kalau kurang makan biasanya suka gampang kering sirip2 nya… terakhir malah King Crowntail Black Orchid saya sampe ukuran L masih bisa juara I.
  • Mungkin bisa coba diterapkan terlebih dahulu pada serit model balok ray yang tulangannya tebel, sampai ketemu formula perawatan dan air yang pas sebelum diterapkan pada serit-serit lainnya.
  • Paling gampang sih buat gak pusing-pusing pake ketapang yang tumbuhnya deket pantai (kalo jenis ketapangnya dimana2 sama aja kok), perubahan kadar minyak dalam daun ketapang diakibatkan sama sistem kekebalan (self defense) dari si tumbuhan itu sendiri, makin tinggi daerahnya produksi minyak dalam daun makin tinggi. bandingin aja daun ketapang yang kita ambil dari perkotaan sama yang langsung dari habitat aslinya, pasti jauh. Patut diketahui bahwa habitat asal ketapang adalah ekosistem hutan pantai (kata yang ahli sih).

Leave a comment

Add your comment below. You can also subscribe to these comments via RSS

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong> 

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar