Betta Breeding
Betta Feeding
Betta Fish Care
Betta Genetics
Betta Problems
Home » Marketing Betta Online

Jual Beli – Marketing Cupang Hias Online

Submitted by on 13 October 2010 – 01:12

Dalam dunia marketing modern, konsep pemasaran produk secara offline memerlukan pendampingan strategi pemasaran online juga. Hal ini tidak bisa dipungkiri di era tren penggunaan internet yang kian meningkat pesat ini. Tidak terkecuali dalam hal jual beli produk aquatic, seperti ikan hias, khususnya cupang hias (lebih dikenal secara internasional sebagai betta splendens fish). Ya, jual beli cupang hias secara online.

Tengok saja intensitas jual beli cupang hias antar hobiis melalui media sosial Facebook. Semuanya kemudian ramai-ramai melakukan tagging foto cupang hias | betta splendens yang ditawarkannya.

Pasar (jual-beli) cupang hias memiliki analogi yang sama dengan kondisi pasar komoditi lainnya, fluktuatif. Fluktuasi ini jelas terkait dengan permintaan dan penawaran cupang di pasaran. Saat pasar cupang bearish, penawaran melimpah sementara permintaan beli dari fans “toko cupang FB” merosot, gejala banting harga pun kemudian menggejala.

Efek negatif saat pasar (jual beli) cupang yang sedang bearish tersebut, menurut hemat kami masih bisa diatasi. Banyak alternatif, diantaranya penyelenggaraan kontes cupang hias yang diharapkan mampu mendongkrak permintaan, dan ini telah terbukti efektif. Alternatif lainnya yang akan kami singgung di sini adalah dengan memperluas basis pasar, caranya? ya dengan memanfaatkan media online-internet dengan skala yang lebih luas (tidak melulu dengan Facebook).

Merujuk pada aktivitas internet marketer secara umum, dominasi optimasi mesin pencari (search engine) sebagai salah satu media internet marketing masih mendominasi. Kendala kita hobiis cupang hias (betta splendens) secara umum mungkin kebingungan untuk memulai dari mana ketika memutuskan untuk memasarkan (menjual) cupangnya melalui media mesin pencari.

Hal fundamental yang perlu diketahui pemasar online (kita coba kaitkan dengan jual beli cupang hias online) melalui search engine adalah membaca perilaku pasar (hal ini tiada beda dengan fundamental pemasaran online). Jika yang kita sasar adalah permintaan (pasar) potensial yang bersumber dari mesin pencari, maka “keyword pencarian” adalah kuncinya.

Keyword pencarian yang diketikkan oleh pengguna mesin pencari inilah yang akan memberi gambaran peta kecenderungan permintaan (terkait cupang) secara umum. Gambar di bawah ini, merupakan hasil riset kecil yang dilakukan oleh Tim IT BettaPlus.com guna memberikan gambaran umum tren keyword yang digunakan para hobiis cupang dalam rangka menemukan kebutuhannya melalui mesin pencari terkait hobinya akan cupang, dan hal ini potensial sekali membentuk permintaan 🙂

sumber grafik: riset Tim IT Support BettaPlus.Com dengan Tools Google Trend

Keterangan Grafik

  • [Biru] betta splendens (1.00)
  • [Merah] betta fish (8.30)
  • [Kuning] breeding betta (0.10)
  • [Hijau] betta care (0.80)
  • [Biru Tua] buy betta (0)

Grafik trend query di atas menggambarkan popularitas keyword yang coba kami gali (betta splendens, betta fish, breeding betta, betta care, buy betta) dalam jangka waktu tujuh tahun terakhir. Dan ternyata popularitas pencarian pengguna google (yang mungkin sebagian besar dilakukan oleh hobiis cupang hias | betta splendens) didominasi oleh kata kunci “betta fish”, dimana kata kunci ini mengungguli frase “betta splendens”.

Riset ini sangat mudah untuk dilakukan oleh Sobat Hobiis cupang hias, dengan memanfaatkan fasilitas google trend. Eksplorasi keyword dapat dimodifikasi sesuai kepentingan masing-masing individu, baik untuk kepentingan marketing (jual beli) cupang secara online maupun hanya sekedar ingin tahu trend hobi cupang saat ini. :).

Bagi yang berkeinginan memanfaatkan hasil riset ini terkait pemasaran cupang secara online via mesin pencari (melalui media perantara toko online, blog dan sejenisnya), apa manfaat data-data tersebut? Bagi kami yang telah menggunakannya,  data tersebut akan membantu dalam mengoptimasi blog atau situs toko online kami, seperti optimasi nama domain, optimasi judul blog, optimasi judul artikel/posting blog dan hal terkait manfaat keyword tertarget lainnya. Dan efeknya, kerja kami (BettaPlus) menjadi lebih optimal dan efektif terkait jual beli cupang hias online yang baru-baru ini kami geluti 🙂

Tags: , , ,

102 Pingbacks »

    Leave a comment

    Add your comment below. You can also subscribe to these comments via RSS

    Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

    You can use these tags:

    <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong> 

    This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar