Jual Cupang Berkualitas

52 views

Beberapa saat lalu, tergelitik jemari ini untuk mengetikkan keyword “JUAL CUPANG BERKUALITAS” dan “JUAL CUPANG MURAH BERKUALITAS” pada kotak pencarian google. Dan, hasilnya ---mohon dibantu yak…mohon dibantu yak..--- sepuluh link saya dapati muncul di page pertama halaman pencarian google. 5 link menawarkan CUPANG ADU BERKUALITAS, 5 link lainnya menawarkan keluarga BETTA SPLENDENS dari varian IKAN HIAS. Kesepuluh link tersebut rata-rata merupakan link yang dipublish melalui halaman iklan baris, serta situs maupun forum jual beli. Kesepuluh link tersebut muncul pada halaman pertama daftar hasil pencarian google dengan total hasil pencarian untuk keyword yang sama ‘hanya’ dalam kisaran puluhan ribu :)

Apa arti atau pelajaran yang bisa kita tarik simpulannya dari kondisi tersebut di atas? saya menafsirkannya demikian:

Potensi pemasaran / JUAL BELI CUPANG via online kita belum digarap dengan ‘lebih’ serius. Mengapa demikian? diantaranya: rata-rata breeder, penjual cupang masih memasarkannya ‘hanya’ dengan mengandalkan iklan gratis di page iklan baris atau page maupun blog dan forum lain yang menawarkan media promosi online gratis. Apakah hal ini salah? Saya tidak mengatakan hal ini sebagai kesalahan, namun lebih baik juga jika kita mau belajar dari model marketing online breeder betta splendens dari negeri tetangga kita misalnya Thailand. Tidak sedikit petani besar maupun berskala retail di sana sudah memiliki website maupun blog yang dikustomasi menjadi media e-commerce yang fokus pada pen-JUAL-an CUPANG HIAS ONLINE. Secara psikologi, dimata pembeli potensial, marketer yang menawarkan cupangnya secara online melalui kepemilikan website atau blog sendiri akan dianggap lebih bonafit dan memiliki grading lebih dibanding yang hanya sekedar mengiklankan via media promo gratis, terlebih dengan kepemilikan domain name sendiri :) Tentunya hal ini salah satu dari sekian banyak faktor yang juga mesti diikut dengan kualitas baik atas ikan yang mereka tawarkan.

Hal lain, melihat peta persaingan untuk dua keyword yang saya sebutkan di awal paragraf, dengan total hasil pencarian google yang –-saya sebut—masih tergolong sangat sedikit, bisa ditafsirkan bahwa memang masih sangat sedikit petani cupang hias kita yang menawarkan hasil ternaknya secara online. Atau kemungkinan lain yaitu ke-tabu-an bagi penjual cupang hias Indonesia untuk melakukan penawaran dengan menggunakan ‘bahasa’ marketing, seperti “JUAL CUPANG HIAS BERKUALITAS KONTES”.

Ada beberapa gelintir orang memang yang antipati terhadap frasa tersebut. Contoh kasusnya: ketika seorang pembeli potensial menanyakan kepada kami perihal ikan yang kami tawarkan melalui halaman komentar fan page BettaPlus di Facebook, “Mas apakah IKAN  CUPANG ini BERKUALITAS KONTES?”, sekonyong-konyong ada rekan lain yang menganggap kami terlalu provokatif dengan memberi janji cupang/betta splendens SQ (SHOW QUALITY) pada penawaran kami kala itu. Padahal saat itu kami tidak sedikitpun memberi gimmick marketing maupun promo pada penawaran tersebut. Hal tersebut sebenarnya tidak perlu terjadi, coba tengok realita dunia marketing, Sobat ini perlu banyak belajar bagaimana kita semestinya memenangkan persaingan, gimmick marketing hal yang sah, jika dalam memasarkan kita juga mengimbanginya dengan edukasi customer.

Jadi, jangan pernah ragu untuk menawarkan “JUAL CUPANG MURAH BERKUALITAS KONTES (SHOW QUALITY)”, karena sejatinya marketlah yang akan menilai apakah benar kualitas ikan yang kita jual sesuai dengan apa yang kita tawarkan, dan sejelek apapun ikan yang kita punya sah-sah saja kok diikutkan kontes, hanya saja masalah juara atau tidaknya itu adalah sepenuhnya hak penilaian Dewan Juri :) bukankah betul demikian Sobat?


Tags: #jual cupang berkualitas #jual cupang murah berkualitas