Betta Breeding
Betta Feeding
Betta Fish Care
Betta Genetics
Betta Problems
Home » Betta Form

Klasis Cupang Berdasar Bentuk Sirip Ekor – Crowntail Betta

Submitted by on 17 May 2010 – 06:33

Maaf, sengaja kami tidak menuliskan posting klasis cupang berdasar bentuk sirip ekor ini secara berurutan mulai dari bentuk sirip ekor yang awam dijumpai pada jenis cupang alam sampai dengan bentuk sirip ekor cupang hasil selective breeding, alasannya hanya semata-mata agar proses penulisan ini terasa enjoy saja.

Nah, kali ini kami coba sedikit mengulas mengenai crowntail betta, hobiis indonesia menyebutnya cupang serit (serit = sisir rambut dengan spasi sangat rapat, masyarakat banyak menggunakannya untuk menyisir rambut berkutu-biasanya, hehe…). Patut diketahui bahwa berdasar berbagai sumber yang kami baca, jenis cupang serit atau crowntail ini merupakan strain asli Indonesia, pertama kali dikembangkan pada tahun 1997, di Slipi, Jakarta Barat oleh breeder Betta bernama Ahmad Yusuf. Ia menyilangkan indukan Impor asal thailand berwarna biru berkekor delta dan bergerigi, hingga muncul empat cupang serit pertama berwarna biru, hijau, abu-abu dan warna mascot (demikian ditululis dalam mybettaworld.blogspot.com).

Crowntail ini terbentuk karena reduksi webbing (selaput antara tulangan sirip/ray) pada sirip anal, caudal dan dorsal, sehingga seolah-oleh terbentuk atau menjulur ray extended pada cupang tersebut.

Tags: , ,

3 Pingbacks »

    Leave a comment

    Add your comment below. You can also subscribe to these comments via RSS

    Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

    You can use these tags:

    <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong> 

    This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar