Betta Breeding
Betta Feeding
Betta Fish Care
Betta Genetics
Betta Problems
Home » Betta Feeding

Kultur Infusoria – Alternatif Pakan Burayak Cupang

Submitted by on 16 June 2010 – 01:09 2 Comments

Infusoria, makhluk hidup bersel tunggal, memiliki nama infusoria yang diambil dari asal kulturnya, infusi dari sayuran (vegetable infusions) – sayuran yang dibusukkan didalam air. infusoria masuk dalam golongan paramecium. Para aquarist (penghobi ekosistem akuarium) banyak memanfaatkannya sebagai pakan burayak ikan pada masa-masa awal kelahirannya, termasuk burayak cupang.

Secara praktis, kulturnya coba kami sajikan sebagai berikut:

sediakan wadah ukuran min. 100cm X 80 cm. masukkan pasir dgn ketinggian kurang lebih 10 cm. tambahkan air dgn ketinggian 20 cm. masukkan rebusan daun selada yg direbus sampai menjadi bubur sbg media perkembang biakannya. Tambahkan pupuk kandang . Masukkan 5-7 sendok air selokan , karena pada umumnya sudah mengandung bibit infusoria terutama genangan yg berkabut. letakkan pada tempat yg tidak terkena sinar matahari langsung tetapi terbuka untuk supplay oksigen. setelah beberapa hari air akan mulai berkabut pertanda ifusoria sudah menyebar dan berkembang biak. pemberian pakan dilakukan dengan mengambil langsung air yg penuh dgn infusoria tersebut.

Jika langkah dan bahan-bahan  yang digunakan pada langkah yang kami jelaskan di atas Sobat rasa sangat jorok, kultur infusoria bisa juga diterapkan dengan teknik  dan bahan berikut.

Kultur infusoria dapat dilakukan dalam bak semen, baskom atau akuarium. Bahan yang di butuhkan adalah potongan jerami padi, daun selada dan kulit pisang. Dapat pula menggunakan daun selada, daun kol dan daun talas.

Bahan-bahan tersebut direbus hingga menjadi seperti bubur kemudian masukkan ke tempat yang telah di sediakan yang sudah berisi air. Selanjutnya seminggu kemudian media tersebut di tulari dengan bibit infusoria.

Bibit infusoria ini dapat di peroleh dengan mengambil beberapa sendok air comberan atau saluran air yang banyak mengandung bahan organik. Media di letakkan di tempat yagn teduh dan di beri aerasi.

Seminggu kemudian infusoria bisa di panen dan diberikan kepaada anak-anak ikan. Tanda yang tampak bila infusoria telah banyak adalah terlihat lapisan putih seperti awan mengapung di permukaan air.-

Yah……nampaknya masih jorok juga ya Sob, masih pake “air comberan” juga tuh..hehe..coba..nanti kami carikan bahan yang dikit joroknya ya..hehe..suer deh..next time gak jorok lagi 😀

2 Comments »

  • sloote says:

    makasih ya gan dari dulu bingung infosuria itu apa,dikirain infosuria itu beli ditoko ,hehehe

  • Liga says:

    ooo..itu bukan kutu aer yaa gan..ane kira kutu aer…ane melakukan percobaan dengan 1 baskom aer comberan plus sedikit lumpurnya…2 hari kemudian sudah terlihat seperti yg digambarkan agan..,tadinya ane kira itu burayak kutu aer gan..warnanya putih..kecil-kecil ampe ane ngeliatnya harus pake kaca pembesar..,terus gan cara nyeroknya gmana pan mahluknya super imut gitu..!

54 Pingbacks »

    Leave a comment

    Add your comment below. You can also subscribe to these comments via RSS

    Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

    You can use these tags:

    <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong> 

    This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar