Betta Breeding
Betta Feeding
Betta Fish Care
Betta Genetics
Betta Problems
Home » Betta Feeding

Kuning Telur sebagai Pakan Alternatif Burayak Cupang

Submitted by on 2 July 2010 – 01:51 5 Comments

Bingung ngasih pakan apa yang cocok untuk burayak cupang Sobat pada minggu-minggu awal penetasannya? Dulu banget, waktu saya masih bocah -–emang dah demen miara cupang, waktu itu sih blom bedain mana yang hias dan mana yang aduan—, sudah coba-coba ngebreed jenis ikan ini. Namun masih sering gagal, yang biasanya kegagalan saya alami pada masa-masa kritis setelah telur cupang menetas. Masalah pakan burayak cupang.

Sempat dikasih tau sama Bapak, kalo burayak cupang itu bisa dikasih makan kuning telur. Masukan ini saya terjemahkan mentah-mentah kala itu. Burayak cupang saya beri kuning telur mentah dan mungkin dalam jumlah berlebih waktu itu. Eh….akibatnya air kolam jadi bau amis, keruh, dan naas pun terjadi, burayak cupang justru banyak mati.

Now, tentu sudah nggak cupu lagi seperti dulu, dah banyak baca buku dan browse artikel tentang budidaya cupang sana-sini. Dan..ternyata eh ternyata, ada trik memberi pakan burayak cupang kala pakan seperti liquifry sulit didapat, atau karena males kultur infusoria sendiri. Masih dengan kuning telur sebagai pengganti pakan tersebut. Namun dengan teknik yang lebih benar, begini caranya :

  1. telur direbus seperti biasa
  2. dikupas, ambil kuningnya aja dikit
  3. dicampurkan dengan sedikit air, sampai agak halus membentuk butiran-butiran dengan kira-kira pas pada mulut burayak 🙂
  4. masukkan ke botol kecil yang ada "spray"nya (bisa botol parfum yang udah dicuci bersih), trus semprotin dech
  5. jika botol spray tidak ada, bisa saja dibuat dengan botol model tetes

Jangan takut teknik ini akan membuat air keruh, sepanjang pakan diberikan secukupnya, dan penyifonan air juga dilakukan secara teratur 🙂 Selamat mencoba pakan alternatif burayak cupang ini Sob.

Tags: , , ,

5 Comments »

12 Pingbacks »

    Leave a comment

    Add your comment below. You can also subscribe to these comments via RSS

    Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

    You can use these tags:

    <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong> 

    This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar