Langkah Membeli Betta dari Tiga “Asal” yang Berbeda

Maraknya ‘pasar’ cupang memberikan harapan tersendiri bagi para hobiis, jenis ikan ini pun mulai dipasarkan lewat media jejaring sosial online macam facebook. Dahulu (khususnya di kampung saya), cupang dipasarkan secara ketok tular (para breeder atau penjualnya terkenal melalui promosi gratis dari mulut ke mulut). Kini, marketer cupang tidak melulu didominasi oleh breeder, rekan yang sengaja hunting ‘ikan’ bagus dengan harga miring untuk kemudian dijual kembali pun sangat mudah menemukan pasarnya.

Secara garis besar, beragam jenis betta dapat kita koleksi melalui tiga sumber (penjual) yang berbeda: yang pertama, kita bisa membelinya dari toko ikan hias atau semacam pets shop (sebagian dari mereka tidak merangkap selaku pembudidaya); kedua, kita bisa mendapatkan penawaran betta langsung dari para breedernya; dan yang ketiga yaitu kita bisa membelinya secara ‘tidak langsung’ melalui media online, seperti telah saya singgung di paragraf pembuka.

Nah, ternyata ada trik sederhana buat kita calon pembeli sebelum menjatuhkan pilihan pada ikan mana dan dari toko/penjual mana kita putuskan untuk membeli betta.

Tips singkat membeli cupang dari ketiga sumber dijelaskan secara sederhana seperti ini bro…

Membeli betta melalui pets shop atau toko ikan hias, langkah pertama dan terpenting kita lakukan adalah bagaimana penjualnya mendisplay cupang-cupang yang hendak ia pasarkan. Banyak penjual ikan amatiran yang menempatkan cupang jualannya pada wadah plastik (semisal bekas air mineral) atau bekas tempat selai dengan ukuran mini, pertimbangannya karena masalah kepraktisan saja.

Hal ini bisa berakibat buruk bagi kesehatan ikan secara fisik maupun mental, karena pergerakannya sangat terbatas. Tak jarang faktor tempat ini membuat sirip-sirip cupang turut rusak, cupang menjadi bacul karena stres. Belum lagi akibat kotoran yang ia hasilkan, bisa mendatangkan penyakit bagi cupang itu sendiri. Sarannya, pilihlah cupang yang didisplay dengan wadah yang ideal meski tidak terlalu besar, wadah yang terjaga bersih, ikan yang sehat, tidak bacul karena stres menempati rumah yang sempit.  Pastikan pula penjualnya (meski tidak membudidayakan cupang secara langsung) mengerti seluk-beluk ikan ini.

Membeli betta melalui para breeder, klik disini (maaf bro, dipotong biar tetap nyaman dibacanya karena tidak kepanjangan)

Tags: #jual beli cupang hias #tips membeli cupang hias

Leave a reply "Langkah Membeli Betta dari Tiga “Asal” yang Berbeda"