Betta Breeding
Betta Feeding
Betta Fish Care
Betta Genetics
Betta Problems
Home » Betta Feeding

Manfaat Spirulina pada Warna Ikan

Submitted by on 25 July 2011 – 16:44 One Comment

MANFAAT SPIRULINA PADA IKAN tidak terbantahkan, khususnya pada komoditi ikan hias. Misalnya pada ikan koi, yang kaya akan warna, Seringkali dijumpai makanan koi dengan label “Spirulina Added”. Spirulina menjadi sesuatu yang tidak asing lagi bagi penggemar koi. Seperti telah kami ulas pada posting sebelumnya tentang MANFAAT SPIRULINA, Spirulina merupakan ganggang biru-hijau yang memiliki kandungan gizi yang bermanfaat bagi kecemerlangan pada ikan.

manfaat spirulina pada ikan hias

Sampai sekarang Spirulina menjadi suplemen utama dalam makanan penambah kecerahan warna pada ikan. Pada Kecemerlangan dan ketebalan warna Ikan Koi dipengaruhi oleh jumlah sel-sel pigmen warna yang berada dibawah kulit ikan Koi. Jumlah sel-sel ini akan berubah sesuai dengan kondisi lingkungan dan makanan yang dikonsumsi. Konsumsi makanan yang mengandung zat-zat warna ini akan membantu mencemerlangkan dan mencerahkan warna ikan Koi. Semestinya hal ini juga berlaku pada jenis ikan hias lainnya, misalnya pada cupang hias.

Kandungan Nutrisi Spirulina

Ganggang Spirulina memiliki kandungan Nutrisi dengan komposisi sebagai berikut :

  • 60 – 70% Protein
  • 20 – 25% Karbohidrat
  • 3 – 5% Lemak
  • 5 – 8% Mineral dan Vitamin
  • 2 – 5% Air Pigmen

Manfaat Spirulina Bagi Ikan

Manfaat penambahan spirulina pada makanan ikan adalah mencerahkan warna ikan, menaikan pertumbuhan rata-rata. Sementara bagi ikan konsumsi sprirulina berpengaruh pada bau dari ikan tersebut, Ikan memberikan respon kepada rasa spirulina dan membuat ikan lebih berdaging. Ikan akan tumbuh lebih cepat, rasanya lebih enak, dan mencegah penyakit.

Pada spesies ikan tropis, spirulina merupakan bagian yang penting dalam kandungan makanan. Lima manfaat spirulina untuk kesehatan ikan adalah sebagai berikut:

  1. Spirulina mengandung vitamin dan mineral.
  2. Spirulina kaya akan muco protein baik untuk kesehatan kulit.
  3. Kandungan phycocyanin yang dapat mengurangi obesitas dan membuat ikan menjadi lebih sehat.
  4. Kandungan asam lemak yang berguna untuk pertumbuhan organ.
  5. Spirulina mengandung zat pewarna natural seperti carotenoids.

Dengan memberi spirulina, ikan tropis akan menjadi lebih indah, sehat, dan dapat hidup lebih lama, Jelas buka MANFAAT SPIRULINA BAGI IKAN kesayangan Sobat.

Tags: , ,

One Comment »

4 Pingbacks »

    Leave a comment

    Add your comment below. You can also subscribe to these comments via RSS

    Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

    You can use these tags:

    <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong> 

    This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar