Betta Breeding
Betta Feeding
Betta Fish Care
Betta Genetics
Betta Problems
Home » Betta Feeding

Manfaat Spirulina Powder Bagi Ikan Hias

Submitted by on 25 July 2011 – 13:55

MANFAAT SPIRULINA BAGI IKAN HIAS – Spirulina merupakan mikroalga/fitoplankton yang dapat dimanfaatkan sebagai pakan alami benih ikan, baik ikan air laut atau tawar. Alga ini mempunyai kandungan gizi yang tinggi, yaitu protein yang bisa mencapai 60 % dari berat keringnya sehingga dapat menjadi alternatif bagi makanan kesehatan. Dalam dunia perikanan, mikroalga ini telah banyak dijual dalam bentuk tepung (Spirulina powder).

Spirulina merupakan mikroalga hijau kebiruan. Alga ini mengandungan berbagai zat gizi seperti protein dapat mencapai 60 %, lipid 8%, karbohidrat 16%,vitamin B1, B2, B6, B12, C, niasin, β karotin dan kandungan asam amino yang cukup seimbang. Spirulina juga mengandung salah satu asam lemak esensial yaitu asam   γ-linoleat (GLA), yang merupakan asam lemak majemuk. Kandungan membuat SPIRULINA SANGAT BERMANFAAT BAGI PERTUMBUHAN IKAN HIAS.

Spirulina menyediakan semua asam amino yang diperlukan tubuh dan dalam bentuk tersebut 5 kali lebih mudah untuk dicerna dibanding dengan protein kedelai. Spirulina mengandung 8 asam amino essensial dan 10 asam amino non essensial.

Spirulina mengandung lipopolisakarida sebesar 1,5% bobot keringnya, kandungan lipopolisakarida inilah yang menjadikan Spirulina digunakan sebagai immunostimulan yang potensial dalam meningkatkan respon kekebalan tubuh pada ikan. Dinding Spirulina kaya akan muco-protein yang bisa meningkatkan lapisan mukus pada kulit ikan yang menyebabkan sirip ikan lebih sehat, meningkatkan resistensi/ peradangan kulit terhadap serangan penyakit.

Di Jepang spirulina diberikan pada ikan mas koki dan ikan hias lainnya untuk meningkatkan kualitas warna ikan hias tersebut. So, apakah Anda termasuk penggemar atau penghobi ikan hias, termasuk cupang, tidak salahnya Anda memberikan SPIRULINA POWDER ini pada ikan kesayangan Anda, dan buktikan MANFAATNYA BAGI PERTUMBUHAN IKAN HIAS KESAYANGAN.

sumber gambar: azarius.net

Tags: ,

Leave a comment

Add your comment below. You can also subscribe to these comments via RSS

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong> 

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar