Betta Breeding
Betta Feeding
Betta Fish Care
Betta Genetics
Betta Problems
Home » BettaPedia

Marble Lahir dari Tangan Seorang Napi

Submitted by on 21 March 2010 – 16:54

Siapa sangka, betta marble yang memiliki keunikan kombinasi dua warna (rata-rata) lahir dari tangan seorang Nara Pidana (Napi). Ya, seorang Napi bernama Orville Gulley.

Varian marble ini bermula ketika Orville hendak mencoba mendapatkan keturunan betta hitam butterfly (Black Butterfly Betta), namun dari persilangan yang ia lakukan, secara tidak sengaja didapatkannya gen marble.

Ia mengirim sebagian dari ikan ini hasil silangannya kepada komunitas hobby betta splendens-IBC, Walt Maurus (serta beberapa peternak lainnya). Dimana varian betta marble mulai dikembangbiakkan.

Breeding Betta Splendens Marble

Gen marble diduga dominan parsial, sehingga perkawinan silangnya dengan betta splendens berwarna solid biasanya akan memberikan keturunan yang sebagian besar berwarna solid, dengan sebagian kecil berwarna marble. Jika parental betta berwarna solid membawa sifat gen marble, maka persentase persentase keturunan dengan warna marble akan meningkat. Gen betta splendens marble mempengaruhi warna solid dengan cara yang tak terduga, membuat kombinasi warna baru dan kemungkinan pola warna baru.

Namun, breeder betta splendens mungkin akan harus melalui beberapa generasi sebelum benar-benar mendapatkan pattern warna yang mereka inginkan, dan setelah menghadapi tantangan untuk mendapatkan warna baru.

Pemijahan betta splendens dengan parental warna marble vs. marble biasanya akan Anda mendapatkan beberapa generasi berwarna tubuh solid gelap, berwarna tubuh solid terang, beberapa betta berwarna butterfly dan beberapa berwarna marble.

Betta berwarna pattern butterfly-bertubuh warna solid yang berasal dari parental bergen marble akan memiliki karakteristik yang melekat sama dengan ikan berwarna warna solid yang berasal dari garis gen marble juga.

Tags: , ,

Leave a comment

Add your comment below. You can also subscribe to these comments via RSS

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong> 

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar