Betta Breeding
Betta Feeding
Betta Fish Care
Betta Genetics
Betta Problems
Home » Betta Breeding

Memilih Indukan Cupang Berkualitas

Submitted by on 22 December 2010 – 16:02

Apakah Sobat Seorang Penghobi cupang hias saat ini sedang mencari dan MEMILIH INDUKAN CUPANG BERKUALITAS? Lalu, apa saja kriteria indukan berkualitas versi Sobat? atas dasar fisik (tulangan, bukaan, warna) bagus kah? atau cupang mahal dari breeder ternama? Simak penjelasan kami dalam posting berikut, semoga dapat membantu Sobat mendapatkan Indukan betta yang benar-benar berkualitas dan menghasilkan keturunan yang berkualitas pula.

INDUKAN CUPANG BERKUALITAS BAIK merupakan ikan yang dihasilkan oleh indukan pendahulunya yang berkualitas pula. Layaknya manusia ‘memilih jodoh’, perhatikan bibit, bebet, bobotnya, hehe… Dalam proses pemilihan indukan seringkali para breeder pemula kurang memperhatikan hal ini. Biasanya para hobiis hanya melihat indukan cupang dari aspek fisiknya saja. Warna cemerlang yang indah selalu dijadikan patokan bahwa itu adalah indukan unggul. Padahal hal tersebut tidak menjamin akan menghasilkan keturunan yang juga berkualitas.

Proses pemijahan cupang tidak dapat dipisahkan dari proses penurunan genetika. Antara pejantan dan betina harus memiliki kualitas genetika yang baik. Sejumlah breeder senior berpendapat bahwa untuk memilih indukan yang baik hendaknya memperoleh indukan dari keturunan ke-4 (f4). Pada keturunan f4 sudah memiliki kestabilan dalam penurunan genetik. Sehingga sudah dapat diturunkan ke generasi selanjutnya. Inilah yang mengakibatkan ikan yang kita kawinkan ternyata tidak mengahsilkan warna sesuai induknya.

Cara paling mudah untuk mendapatkan indukan yang baik adalah dengan memperolehnya dari breeder besar. Umumnya memang harga yang dibanderol cukup mahal untuk takaran ikan cupang. Namun hal tersebut sangat wajar sebab untuk memperoleh ikan tersebut seorang breeder harus melalui proses yang sangat panjang dan perkawinan selektif antar jenis. Harga mahal ini jadi jaminan bagi seorang breeder besar. Sebab nama besar mereka juga dipertaruhkan. Kesalahan terbesar adalah mengawinkan cupang dari indukan yang sama atau masih memiliki hubungan kekerabatan akibat perkawinan silang. Hal ini akan merusak ikan cupang yang akan dihasilkan. Sebaiknya mengawinkan ikan dari indukan yang berbeda.

INDUKAN YANG BERKUALITAS BAIK adalah indukan yang cukup umur. Indukan yang cukup umur menandakan ikan tersebut telah matang secara kelamin. Bagi ikan betina sel telurnya telah mengalami kematangan dan bagi ikan pejantan telah mampu menghasilkan sperma. Berdasarkan pengalaman, saya mengamati bahwa jika ikan belum matang secara seksual maka angka keberhasilan hidupnya akan semakin kecil. Telur yang dibuahi tidak akan menjadi burayak akibat kurang matang.

Tags: , , , ,

Leave a comment

Add your comment below. You can also subscribe to these comments via RSS

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong> 

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar