Betta Breeding
Betta Feeding
Betta Fish Care
Betta Genetics
Betta Problems
Home » Uncategorized

Mengenal Jenis-jenis Ikan Mas Koki

Submitted by on 26 August 2014 – 12:36

Mari mengenal berbagai ragam jenis ikan Mas Koki – Sebagaian dari rekan mungkin akan bertanya-tanya, kenapa tiba-tiba Bettaplus.com posting soal Mas Koki? He..he..Betta Splendensnya dikemanain bro? Jawaban saya, nggak kemana-mana bro, masih kok di kolam dan kami tetap konsisten dengan budidaya cupang hias.

Saya sebenarnya telah kepincut sejak dulu dengan jenis ikan mas koki ini, tapi belum pernah benar-benar memeliharanya seserius memelihara cupang hias yang saat ini kami tekuni. Jenis mas koki yang saya ketahui pun sebelumnya terbatas pada jenis koki mutiara, koki mata belo (telescope eyes) dan mas koki biasa.

Dan ternyata, mas koki itu banyak ragam jenis dan hampir semuanya memiliki keindahannya ya Sob –maaf agak parno nih—. Seperti biasa, tanpa bermaksud menggurui, saya  yang awam ini memposting artikel ini semata-mata untuk tujuan mempermudah mengingat ragam jenis Ikan Mas Koki, dan saya yakin rekan-rekan yang awam seperti saya pun masih banyak di luar sana 🙂

Trala, tunjep poin, berikut parade Jenis-jenis Ikan Mas Koki yang saya inventarisir dari berbagai sumber.

1. Pearl Scale (Sisik Mutiara): Bentuk postur tubuh jenis mas koki –dalam skala proporsional—membulat, pada ukuran yang kecil, bentuknya menyerupai bola ping pong. Spesies ini mudah dikenali, diantaranya dari ciri sisik yang khas menonjol menyerupai barisan biji jagung, beberapa memiliki sisiknya berkilau seperti mutiara.

maskoki jenis pearl scale

Nah, jenis ini nih yang sudah setahun lebih ini saya pelihara di rumah, Alhamdulillah awet, dari awal beli berjumlah 8 ekor sampai saat ini masih lengkap 8 ekor, meski ada satu yang lumpuh entah kenapa. Sampai saat posting ini hendak saya publikasi, ada ‘mantan’ tetangga yang tertarik untuk mengadopsi mereka. Dan kebetulan sekali, saya berniat memperbesar akuarium mas koki di rumah dan lagi tertarik dengan spesies yang bakal saya ulas pada poin no.2 berikut.

2. Ranchu: Ciri khas maskoki jenis ini adalah tubuhnya yang membungkuk dan tidak memiliki sirip punggung. Lalu di bagian mukanya ditutupi jambul. Hampir sama dengan saudara-saudaranya, Ranchu memiliki tubuh gempal membulat (dalam postur  yang ideal/proporsional). Rancu memiliki warna yang paling bervariasi, dan saya pun baru tahu kalau saat ini ia merupakan mas koki terpopuler di dunia.

maskoki jenis ranchu

 

3. Black Moor: Sesuai dengan warnanya, jenis maskoki ini memiliki warna hitam pekat, dengan keunikan mata besarnya. Banyak dipelihara oleh hobiis diantaranya disebabkan oleh kepercayaan dapat menolak bala dan kesialan pada pemiliknya. kepercayaan ini khususnya berasal dari kepercaan masyarakat Tiongkok.

maskoki jenis black moor

4. Bubble Eyes (mata balon): Sebelum melihat penampakan sebenarnya spesies ini, saya keliru dan tertukar jenis ini dengan black moor serta telescope eyes. Ternyata jenis ini lebih unik dari kedua jenis yang telah saya sebut, dan benar saja konon jenis ini termasuk maskoki yang paling unik di dunia, bentuk tubuhnya panjang seperti ikan mas, tetapi pada masing-masing mata terdapat kantong seperti balon yang membuat ikan ini betuknya unik.

maskoki jenis bubble eyes

5. Crown Pearl Scale (Sisik Mutiara Berjambul): Membaca namanya yang mengandung kata ‘pearl’ mungkin timbul pertanyaan apa bedanya dengan spesies yang disebut pada nomor 1, benar, ikan ini pada postur dan ciri sisik memiliki kesamaan dengan jenis pearl scale, hanya saja pada bagian kepala terdapat –tambahan– jambul yang bentuknya seperti seperti balon.

6. Lionhead (Kepala singa): Jika dilihat sekilas, penampakan jenis maskoki Lionhead tidak jauh berbeda dengan si cantik Ranchu, bedanya pada lion head jambul yang hanya ditemui di atas kepala, dan tidak menutupi seluruh bagian muka ikan.

7. Oranda: Dalam sebuah referensi  yang saya baca, Oranda termasuk spesies mas koki tertua di dunia. Keberadaan jambul di kepalanya pada awal-awal seringkali membuat saya tertukar dengan jenis Ranchu. Ikan ini juga termasuk jenis yang banyak dipelihara oleh para hobiis maskoki. Bentuk tubuhnya bulat panjang dengan ekor panjang dan membuka lebar (merumbai). punggungnya datar dan memiliki sirip punggung.

8. Red Cap Oranda: Jenis ini –mungkin saja sebenarnya bagian dari oranda– bentuknya mirip dengan maskoki Oranda, dengan kekhasan warna tubuhnya seluruhnya berwarna putih, dengan jambul merah di atas kepalanya. Perpaduan warna inilah yang membuatnya sangat populer.

9. Ryukin: Satu dari tida jenis yang populer (Ranchu, Oranda, dan Ryukin). Spesies ini merupakan hasil budidaya di Jepang ini bertubuh bulat gempal, dengan sirip punggung tinggi dan berekor panjang. Keunikannya terletak pada bentuk tubuh membulat dengan sirip ekor terangkat tinggi mirip ekor burung merak. Jika dipandang dari belakang ekornya berbentuk huruf X.

10. Telescope eyes: Semasa kecil, saya menamai jenis ini sebagai matador (karena matanya melotot seolah mau ‘dor’ lepas keluar) Maskoki ini bentuk tubuhnya gempal, punggung agak bungkuk dihiasi sirip punggung. ekornya panjang dan berujung transnparan. Sesuai nama yang diberikan kepadanya, ciri khas jenis mas koki ini ada pada bagian matanya yang menonjol seperti telescope.

11. Tosakin: Cara menikmati keindahan ikan mas koki jenis ini mirip seperti menikmati keindahan ikan koi. Karenanya ia cocok dipelihara di kolam, karena keindahannya akan tampak jika di lihat dari atas. Keunggulan maskoki ini terdapat pada sirip ekornya yang panjang dan melebar melebihi panjang tubuhnya sendiri.

Hmm, so, Anda tertarik dengan yang mana? saya pribadi, saat ini tengah merencanakan berburu Ranchu, Lion Head atau Oranda berkualitas. Anda pun mungkin memiliki jenis ikan mas koki pilihan sendiri. Mari berbagi untuk hobi ini, dan bagi sobat Bettaplus.com, mohon maklumnya ya, next saya akan posting-posting lagi soal dunia hobi tidak lagi melulu soal cupang hias. Karena ternyata hobi gold fish ini nampaknya juga sayang untuk kita lewatkan.

Leave a comment

Add your comment below. You can also subscribe to these comments via RSS

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong> 

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar