Betta Breeding
Betta Feeding
Betta Fish Care
Betta Genetics
Betta Problems
Home » Betta Feeding

Microworm Pakan Burayak (Anak) Cupang

Submitted by on 16 May 2012 – 16:57

Microworms Pakan Burayak (Anak) Cupang – Ada yang melebihkan bahwa microworm merupakan pakan alami dan abadi untuk burayak cupak. Faktanya, microworm memang merupakan pakan alami termurah dan sangat mudah untuk dibudidayakan/kultur sendiri, hanya memerlukan tempat kecil untuk berkembang biak.

Cukup dengan satu kali membeli atau menyiapkan starter microworm maka kita akan mempunyai cadangan pakan hidup untuk seterusnya. Burayak ikan cupang dari umur 3 hari samapai 10 hari merupakan saat-saat Kritis dimana saat itu burayak sudah memerlukan makanan dari luar karena cadangan kuning telur yang melekat pada tubuhnya sudah habis. Untuk itu diperlukan makanan yang disesuaikan dengan pertumbuhan fisik si burayak, yaitu makanan yang berukuran kecil.

Banyak alternatif pakan burayak ini, misal arthemia, kutu air saring, cacing sutera, liquifry no.1, telur yang sedikit diolah, dan microworm. Untuk beberapa alternatif pakan burayak yang telah saya sebut, bagi rekan-rekan di beberapa daerah banyak terkendala, dari sisi ketersediaan, misalnya untuk arthemia dan liquifry tidak mudah ditemukan di semua daerah. Untuk kutu air dan cacing sutera, sangat tergantung dengan cuaca, misal ketika sering turun hujan maka ia akan sangat langka ditemui. Namun untuk microworm, Anda cukup mengadakannya sekali saja, yaitu starter microworm, selanjutnya Anda kultur sendiri.

Microworm pakan burayak cupang ini memilik nama latin Redivivus Panagrellus, adalah nematoda yang hidup dengan media yg mengandung asam karena proses fermentasi (Sour nematoda paste). Bagi para penghobi dunia akuatik, microworm adalah cacing gelang kecil yang digunakan sebagai makanan pertama untuk ikan yang baru menetas, sangat kecil, seperti ikan cupang, guppy, corydoras, dan masih banyak lagi jenis ikan hias popular yang lain. Microworms ini banyak digunakan dalam budidaya sebagai makanan untuk berbagai spesies ikan hias dan udang hias.

Microworm termasuk dalam Jenis Nematoda yang bisa hidup dimana saja. Bentuk Microworm menyerupai cacing dengan warna putih dengan panjang sekitar 1mm – 8mm (waktu dewasa). Microworm sangat berguna sebagai makanan burayak/anak ikan , seperti ikan cupang, guppy , dan burayak/anak ikan2 lainnya yang umumnya berukuran sangat kecil.

Patut Anda ketahui, sebagai pakan burayak cupang, microworm memiliki beberapa kandungan ‘gizi’ berikut.

  • Protein 48%
  • Lipids 21%
  • Glicogen 7%
  • Asam Organik 1%
  • Air 23%

Seberapa menguntungkan dan seberapa mudahkan kultur microworm sebagai alternatif pakan burayak cupang? berikut kami perjelas.

  • sangat mudak dan cepat berkembang biak
  • mudah dikultur dan tidak memerlukan ruang yang besar
  • Media kultur yang sangat mudah hanya mengunakan quaker oat(bubur gandum) dan ragi roti.

Lalu apa saja yang diperlukan dalam rangka kultur microworm? diantaranya:

  • Quaker Oat (bubur gandum), atau roti tawar juga bisa lho
  • Ragi roti
  • Wadah plastik yg ada tutupnya, dan
  • Starter Microworm sebagai bibit awal untuk kultur.

Lalu bagaimana bahan-bahan tersebut kita apakan untuk mendapatkan kultur microworm yang berhasil? Nah, karena sudah kepanjangan, kita akan sambung di posting berikutnya ya, Soal Teknik Kultur Microworm Pakan Burayak (Anak) Cupang.

sumber bacaan: http://aqualandpetsplus.com/Live%20Food,%20Microworms.htm

Tags: , , ,

Leave a comment

Add your comment below. You can also subscribe to these comments via RSS

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong> 

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar