Betta Breeding
Betta Feeding
Betta Fish Care
Betta Genetics
Betta Problems
Home » BettaPedia

Perawatan Cupang Alam: Betta Macrostoma

Submitted by on 8 July 2011 – 16:46

PERAWATAN CUPANG ALAM: BETTA MACROSTOMA, Species ini dapat di pelihara dalam akuarium atau kolam secara berpasangang. Bisa juga dipelihara dalam akuarium komuniti dengan spesies ikan tertentu lainnya. Cupang alam jenis betta macrostoma sangat menyukai akuarium ekosistem yang dirancang sedemikian rupa menyerupai habitat aslinya.

Akuarium dengan kanopi air (tumbuhan air), kebutuhan air akuarium habitat idealnya –sebagaimana kami kutip dari bettyspendens.com—adalah 40 gallon. Ketika memuliakan (merawat) jenis ikan ini dalam akuarium komuniti (community tank) –dikatakan dalam situs yang sama—sering terjadi pemijahan yang seringkali tidak terkontrol.

Meski banyak yang mengatakan sebagai ikan yang susah dibudidayakan, betta macrostoma relatif lebih mudah beradaptasi dengan sebagian besar jenis mineral kimia yang terkandung dalam air, sepanjang komposisi / kondisi air tersebut tidak terlalu ekstrem/ terjaga dengan baik. Kondisi air yang cocok untuk pasangan betta macrostoma berpijah adalah air pada rentang pH di bawah 6.

Suhu air ideal bagi species ini ada pada rentang 70 s.d. 75 Fahrenheit. Sangat penting untuk diketahui bahwa sebaiknya mereka dirawat dalam akuarium tertutup! karena Betta Macrostoma adalah ‘pelompat yang handal lagi cerdas’, dengan kecenderungan untuk menemukan bukaan yang sangat terkecil di kerudung tangki, dan melarikan diri dari mereka melalui lubang tersebut.

Betta Macrostoma digolongkan sebagai omnivora, dapat menerima berbagai varian pakan seperti cacing darah, jentik nyamuk, kutu air, brine shrim dan varian pakan buatan lainnya.

Pejantan Betta Macrostoma memiliki warna yang lebih cemerlang dibanding betinanya, warna orange kemerahan dengan kombinasi kuat warna hitam pada beberapa bagian tubuh. Sementara warna si betina nampak berwarna agak kusam perak cokelat dengan dua garis lateral yang kontras. Perbedaan ini makin kentara mendekati waktu pemijahan.

sumber gambar: http://yoongbk.blogspot.com

Tags: , ,

6 Pingbacks »

    Leave a comment

    Add your comment below. You can also subscribe to these comments via RSS

    Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

    You can use these tags:

    <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong> 

    This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar