Betta Breeding
Betta Feeding
Betta Fish Care
Betta Genetics
Betta Problems
Home » Betta Fish Care

Perawatan Cupang-Betta Halfmoon

Submitted by on 18 February 2011 – 13:16

Cupang-Betta Halfmoon termasuk salah satu jenis dari betta splendens yang difavoritkan. Disukai karena keelokan siripnya yang panjang dan makin indah ketika mekar membentuk setengah bulan (halfmoon). Bentuk setengah bulan pada tipe betta ini merupakan hasil pengembangan domestik (selective breeding). Sehingga kemampuannya untuk survive di habitat alami seperti keluarga betta splendens lainnya pun lebih buruk, terutama jika dibanding keluarga cupang berekor pendek. Hal ini berarti bahwa cupang halfmoon memerlukan perlakuan khusus, misalnya: ukuran akuarium yang lebih luas dibanding dengan cupang plakat-berekor pendek. Oleh sebab itu pada posting kali ini, kami coba suguhkan Tips Perawatan Cupang-Betta Halfmoon 🙂Dinyatakan dalam situs Bettysplendens.com bahwa 90% masalah kerusakan pada sirip ikan –betta splendens— disebabkan oleh kualitas air yang buruk. Khusus untuk halfmoon betta splendens, hal ini juga terkait luas ruang akuarium soliter, dan intensitas penggantian air. Dikatakan dalam situs yang sama, –salah satu faktor kunci– perawatan terbaik untuk halfmoon betta sangat tergantung pada seberapa sering kita mengganti total air dalam akuarium soliter. Penggantian total air akuarium soliter yang berisi cupang halfmoon idealnya dilakukan setiap hari.

the best way to maintain a Halfmoons Betta is to do what most of us don’t have the time to do – change 100% of the water daily!

Memang hal ini nampak sepele, namun tidak mudah bagi kita yang memiliki kesibukan lain yang juga menyita waktu. Mengapa harus seluruh air diganti? tidak cukupkah hanya mengganti 50% nya saja, dan lakukan penyiponan lebih rutin? Masih dalam tulisan yang sama, dikatakan bahwa penggantian air sebagian menyebabkan bakteri/sumber penyakit akan tetap tertinggal pada akuarium. Penggantian air sebagian tersebut memang akan mengurangi tingkat stres pada ikan tapi tidak pada keberadaan bakteri merugikan tersebut.

Tags: , , ,

Leave a comment

Add your comment below. You can also subscribe to these comments via RSS

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong> 

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar