Betta Breeding
Betta Feeding
Betta Fish Care
Betta Genetics
Betta Problems
Home » Betta Tricky

Perawatan Ekstra pada Cupang Hias Serit (Crowntail)

Submitted by on 22 June 2010 – 06:26

cupang hias serit-mustard gas-instructables-com Cupang Hias jenis Serit (crowntail) merupakan varian betta splendens yang difavoritkan oleh para hobiis cupang Nusantara. Bentuknya yang sangat cantik amat membuat para pecinta ikan cupang khususnya banyak yang menyukainya.Meski demikian, diperlukan perawatan ekstra untuk mendapatkan dan menjaga kualitas performa cupang serit agar selalu dalam kondisi fit. Secara garis besar, untuk mendapatkan cupang serit dengan performa yang ideal berikut teknik perawatan yang sering dilakukan oleh rekan-rekan pembudidaya, ingat, perlu ketekunan dan konsisten 🙂

  1. Mulaiumur 1 bulan kita mulai dapat membedakan antara ikan jantan dan betina dari bentuk cupang jenis serit ini. Pada ikan jantan biasanya warnanya lebih terang dan cerah, sementara pada cupang betina biasanya tampilannya sangat biasa dengan bentuk badan lebih oval dan waranya kurang cerah (memudar)
  2. Pada umur 1 bulan, anakan ikan cupang masing boleh di campur pada satu kolam asalkan makanan yang di sediakan cukup untuk semua ikan yang ada di dalamnya. apabila tidak kita sudah tahu kalau ikan cupang adalah jenis karnivora yang juga bisa melakukan kanibalisme terhadap sesamanya. atau paling tidak ekor atau bagian lain pada tubuh ikan cupang ini akan robek atau terluka. hal ini akan merusak keindahan ikan cupang jenis serit ini. Untuk hal ini, kami terbiasa mengangkat anakan dari kolam untuk dipindahkan ke wadah-wadah soliter pada usia menginjak 2 bulan.
  3. Baiknya apabila ikan sudah ber umur antara 2 s/d 3 bulan ditaruh pada wadah yang berbeda untuk menghindari rusaknya ekor atau bagian lain pada ikan.
    Ikan cupang jenis serit memang agak sedikit cengeng pada air yang kurang bersih. jadi baiknya 1 minggu sekali air harus diganti agar tidak membuat serit pada ikan cupang menjadi kriting.
  4. Soal pakan, sebagian rekan breeder menyarankan agar warna dan kesehatan ikan lebih terjaga sangat direkomendasikan ikan cupang serit ini diberi pakan berupa cuk (jentik nyamuk) & kutu air dengan penyajian secukupnya / tidak terlalu banyak, karena dapat membahayakan  kesehatan cupang jika terdapat sisa-sisa pakan didalam akuarium.
  5. Suplemen yang sering diremehkan, namun efeknya banyak terbukti yaitu air rendaman daun ketapang kering. Saya menyebutnya “jamu kuat cupang” hehehe… pengaruhnya menjaga PH (keasaman) air terbukti, rays serit tidak mudah kering dan bengkok. Meski demikian air rendaman ketapang ini tetap mesti secara periodik diganti.

betta splendens image source: www.instructables.com

Tags: , , , ,

4 Pingbacks »

    Leave a comment

    Add your comment below. You can also subscribe to these comments via RSS

    Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

    You can use these tags:

    <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong> 

    This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar