Betta Breeding
Betta Feeding
Betta Fish Care
Betta Genetics
Betta Problems
Home » Betta Tricky

Sekat Setengah antar Akuarium Cupang

Submitted by on 7 June 2010 – 01:05

“Si xxxxx pelit banget, masa buka sekat akuarium cupangnya saja kagak dikasih, bilangnya.. biar saya saja yang buka mas, dan….eh..pas akuarium cupang dibuka, dia cuman buka setengahnya (dari dasar sampai bagian tengah aquarium)..”. itu tadi sepenggal keluhan Rekan hobiis cupang yang saya temui beberapa waktu lalu. Terlintas saat itu, begitu hati-hatinyakah breeder dalam subjek keluhan tersebut sehingga buka sekat antar akuarium cupang saja setengah-setengah.

Belakangan kami ketahui bahwa, membuka sekat akuarium cukup setengah ternyata ada tujuannya, bukan karena pelit. Jika kita sering membuka sekat antar akuarium soliter secara penuh, hal ini bisa menyebabkan sirip atas (tulangan/rays) melengkung (khususnya terjadi pada crowntail atau serit, dan sirip atas doyong pada plakat), itu disebabkan karena ikan terlalu sering bermain di permukaan air. Nah, agar ikan kita tidak sering bermain di permukaan air, triknya adalah dengan membiasakan menyekat antara satu akuarium dengan akuarium yang lain dan ketika sekat tersebut dibuka, cukup buka setengahnya saja (sekatan itu hanya ditaruh setengah saja, dari bagian atas ke bagian tengan). Jadi yang terlihat hanya bagian tengah hingga ke bawah.

Hmmm… ternyata demikian tho.., baru tau saya.. 🙂

Tags: , ,

Leave a comment

Add your comment below. You can also subscribe to these comments via RSS

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong> 

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar