Betta Breeding
Betta Feeding
Betta Fish Care
Betta Genetics
Betta Problems
Home » Betta Problems

Tanya Jawab mengenai Iridescent pada Cupang

Submitted by on 20 May 2010 – 01:44

Tanya : “Mohon pencerahan dari master cupang, kalau iridescent (warna semburat) pada cupang ukuran S, apakah bisa berkurang nanti saat dewasa?”

Jawab : (Berdasarkan pengalaman) “tergantung jenis irid, kalau jenis iri merupakan semburat warna metalik, kemungkinan kecil untuk bisa hilang, tetapi kalau jenis irid non metalik kemungkinan bisa hilang, namun itu juga tergantung volume irid, jenis pakan dan kondisi air. Volume iridnya makin byk ya bisa jadi hanya berkurang, kalau cuma dikit sih biasanya bisa hilang.”

Tanya : “Dari sisi pakan, ada kah pakan yang dapat mengurangi irid ?”

Jawab : “Untuk jenis pakan, sebaiknya di beri pakan yg mengandung karoten spt udang-udangan, kalau tidak salah daphnia/kutu air juga lumayan banyak karotennya. Kondisi air sedikit banyak juga berpengaruh, air yang kadar zat besinya cukup tinggi seringkali menyebabkan spot atau cemong pada ikan, jika dikehendaki keterangan yang valid mengenai kadar zat besi pada air, silahkan bawa sampelnya ke laboratorium, tapi kalau hanya mau mengetahui tinggi tidaknya kadar zat besi didalamnya, coba isi aquarium Sobat dengan sampel air tersebut, kemudian diamkan sekitar 1-2 minggu. Lalu buang airnya, lihat di garis airnya, kalau ketika  digosok menggunakan tangan saja bisa ilang, kemungkinan zat besinya rendah. Nah, kala untuk menhapus garis airnya mesti menggunakan amplas no.0, kemungkinan kadar zat besinya tinggi.”

Tanya : “Jika dipersentasekan, berapa persen kah anak ikan merah yg mengandung banyak irid?”

Jawab : “Tergantung validitas gen, kalau gennya sudah kuat. Enaknya sih mesti dilihat saudara selubuk indukannya sama parentalnya, apakah mereka bersih atau mereka kotor-kotor. kalau tidak bisa dilihat, sebaiknya minimumkan risiko, dengan memilih indukan yang bersih. Jika dipersentase, agak sulit untuk dihitung, terkadang dari indukan yang bersih saja masih timbul irid kok. Cuma biasanya kalau sudah beberapa generasi,  bisa menjadi keturunan yang semakin bersih dengan persentase yang semakin banyak.”

Leave a comment

Add your comment below. You can also subscribe to these comments via RSS

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong> 

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar