Betta Breeding
Betta Feeding
Betta Fish Care
Betta Genetics
Betta Problems
Home » Betta Breeding

Teknik Pemijahan Cupang

Submitted by on 1 March 2011 – 21:10

Ilmu pokok bagi seorang breeder Cupang/betta splendens adalah TEKNIK PEMIJAHAN CUPANG yang benar, sehingga menghasilkan succes rate yang tinggi. Sebelum Pemijahan dilakukan, Pastikan bahwa indukan yang dipilih berkualitas. To the point saja ya Sob, Berikut Proses Pemijahan dan teknik Pemijahan, yang disarankan oleh sebagian besar breeder senior:

  • Pisahkan induk jantan dan induk betina pada tempat terpisah, dan beri makan cukup selama 3 – 4 hari.

  • Masukan Induk Jantan yang berkualitas kontes kedalam tempat pemijahan, seperti akuarium, ember, atau baskom yang telah diberi substrat,bisa juga dengan tumbuhan air.
  • Masukan induk betina pada sore hari atau keesokan harinya. Namun untuk menjaga keutuhan induk betina serta agar tidak diserang olah cupang jantan. Tempatkan betina pada posisi aman yaitu letakan botol dengan ukuran tinggi di dalam akuarium pemijahan. Kehadiran induk betina dalam botol merangsang birahi induk jantan yang segera membuat busa sebagai sarangan.

  • Angkat wadah indukan betina pada pagi hari setelah proses penjodohan dilakukan. Induk betina siap dicampurkan dengan induk jantan di akuarium pemijahan. Jika berjodoh, tidak lama kemudian proses pemijahan berlangsung. Usahakan selama proses pemijahan berlangsung, keadaan tetap tenang agar indukan tidak stress.
  • Pindahkan cupang betina setelah 1 – 2 jam pemijahan berlangsung dan beri makan secukupnya, dengan tujuan memulihkan kondisinya.
  • Biarkan indukan jantan menjaga dan menetasakan telur-telur tersebut. Setelah menetas selama 2 – 3 hari anak ikan tersebut tidak perlu diberi makan karena masih ada persediaan kuning telur pada tubuhnya.
  • Berikan burayak cupang berupa infusoria selama 3 hari. Setelah itu burayak diberi pakan berupa kutu air yang disaring selama 10 hari.

Demikian proses pemijahan selesai, tinggal kini Sobat berjuang membesarkan burayak cupang tersebut sampai dengan dewasa dan siap djpisahkan mana jantan dan betina, untuk kemudian ditempatkan dalam akuarium-akuarim soliter. Selamat mempraktikannya, semoga posting TEKNIK PEMIJAHAN CUPANG ini dapat menghantarkan Sobat hobiis memperoleh succes rate tinggi dalam pemijahan.

sumber gambar: http://www.bettafishsecrets.com

Tags: , , , ,

5 Pingbacks »

    Leave a comment

    Add your comment below. You can also subscribe to these comments via RSS

    Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

    You can use these tags:

    <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong> 

    This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar